1 Maret 2015

Kegunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, internet banyak dimanfaatkan hamper dalam semua bidang kehidupan. Berbagai macam perusahaan, organisasi, lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan sampai per-seorangan telah memanfaatkan internet untuk mencari informasi, berkomunikasi, belajar, berbisnis, sampai menikmati hiburan.
          Dengan berkembangnya teknologi internet, banyak aktivitas saat ini yang dapat dilakukan secara elektronik, sehingga dikenal istilah-istilah seperti e-education, e-learning, e-commerce, e-laboratory, e-dictionary, e-marketing, dan lain-lain. Dengan menggunakan internet, maka dapat diperoleh berbagai keuntungan, antara lain adalah sebagai berikut.
1.     Sarana Mendapatkan Informasi Dengan Cepat
Melalui computer yang terhubung ke internet, kalian dapat mempelajari hamper semua mata pelajaran di sekolah seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sains/Ilmu pengetahuan Alam, dan lain-lain. Kalian dapat membaca, mendengar penjelasan, latihan serta mengerjakan soal langsung di computer, laptop, gadget, maupun handphone dan nilainya dapat langsung kalian peroleh. Dengan begitu mudah kalian bisa membuat tugas sekolah dengan menggunakan internet seperti membuat makalah, kalian tinggal search di Google tentang apa judul makalah yang ingin kalian buat. Belajara secara elektronik disebut juga dengan e-learning.
2.   Sarana Komunikasi Dengan Biaya Murah
Internet selain menyediakan informasi, juga dapat digunakan untuk berkomunikasi. Kalian dapat berkomunikasi menggunakan web browser seperti: Yahoo Messenger, mIRC, MSN Messenger, facebook, interest, twitter, dan lain-lain.
3.   Membentuk Kelompok Diskusi atau Bisnis
Hal ini pun terjadi untuk para pemakai internet, sehingga terbentuk kelompok diskusi atau bisnis yang tentunya kalian dapat bergabung di dalamnya seperti situ jejaringan social Facebook, dan situs Forum diskusi Kaskus.
4.   Sarana Promosi
Bagi para pengusaha, merek dapat menawarkan produknya melalui internet sehingga dengan cepat informasinya dapat langsung tersebar ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Bahkan kesempatan ini pun sering dipakai oleh pihak pemerintah untuk memperkenalkan objek wisata lewat internet.
5.    Mencari Lowongan Kerja dan Beasiswa
Banyk juga aktivitas pencarian lowongan kerja di internet. Hal ini tentu sangat dirasakan manfaatnya oleh para pencari kerja maupun perusahaan-perusahaan yang mencari karyawan. Internet dapat pula digunakan sebagai media mencari beasiswa bagi para pelajar atau mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Saat ini banyak sekali tawaran beasiswa baik bagi siswa SMA/SMK maupun mahasiswa S1 dan S2.
6.   Sarana Hiburan
Selain untuk kegiatan yang serius, ternyata internet juga banyak digunakan untuk media hiburan. Menjelajah internet untuk mencari sesuatu yang baru, mengobrol santai, berkirim surat, berkenalan, bermain game, serta berkirim foto sambil mendengarkan music atau menonton video merupakan kegiatan yang menghibur. Internet juga menyajikan berbagai permainan menarik, bacaan berbagai media, komik, dan lain-lain.
7.    Media Pertukaran Data

Dengan menggunakan e-mail, newsgroup, FTP, dan WWW (World Wide Web), para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Segala informasi bisa kalian dapatkan melalui internet.

1 komentar:

  1. Good info nih..
    Introduction my name Achmad owner www.situsaya.com

    BalasHapus

Sesudah anda membaca artikel ini tolong berikan komentar anda di kolom komentar ini. Karna dengan komentar anda, saya dapat memperbaiki kekurangan dari artikel ini.
Peraturan :
1. Pergunakanlah bahasa yang baku
2. Jangan meng-share link yang bersifat aktif
3. Jangan mengshare situs-situs yang berbau pornografi