1 Maret 2015

Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik

Kolaborasi seni diharapkan dapat digunakan untuk menghadirkan gagasan dan ide para siswa dalam berkesenian, sebagai media hiburan, memperindah, merencanakan, dan menata karya-karya seni yang fungsional dan ekspresif. Kegiatan bereksperimen dan menciptakan seni berdampak pada kebahagiaan seumur hidup pada sisiwa dan dapat digunakan sebagai alat untuk berkespresi dan menganalisis karya-karya seni. Salah satu bentuk eksperimen adalah melakukan eksplorasi bunyi.
Eksplorasi sumber bunyi dipandang penting karena dengan tersedianya beragam bunyi yang dihasilkan oleh sumber bunyi yang beragam, siswa dapat lebih termotivasi untuk melakukan kolaborasi seni sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan yang mereka miliki. Eksplorasi sumber bunyi dapat dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di lingkungan sekitar dan memodifikasi alat-alat perkusif yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mengekspresikan gagasan atau ide para siswa di sekolah dalam bidang music.
Kolaborasi seni dalam permainan music memperlihatkan bahwa dalam prosesnya, music tidak dapat dilepaskan dari cabang seni lainnya, seperti seni tari dan seni rupa. Kolaborasi music dan gerak tubuh memperlihatkan keterkaitan yang erat diantara keduanya. Kenyataan memperlihatkan bahwa di dalam music terdapat gerak dan di dalam gerak terdapat music. Hal yang sama terjadi pula pada kolaborasi music dengan seni rupa. Property sebagai hasil seni rupa sangat dibutuhkan dalam permainan music untuk memperkuat tema yang dipilih oleh siswa berdasarkan pengamatan yang ia lakukan dalam lingkungan sosialnya. Property yang digunakan seseorang juga dipandang penting untuk memperlihatkan nilia-nilai estetik.
Kolaborasi seni dapat dipandang sebagai suatu aktivitas yang tidak hanya melatih “rasa” (feeling) para siswa, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir secara logis pada siswa. Kolaborasi seni dalam permainan music juga dipandang dapat meningkatkan apresiasi para siswa terhadap nilai-nilai estetik dalam masyarakat lokal, seperti tampak pada pola ragam gerakan tubuh dan property yang digunakan.

Sekian artikel saya yang berjudul “Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik” semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih

1 komentar:

  1. Good info.
    Introduction my name Achmad owner www.situsaya.com

    BalasHapus

Sesudah anda membaca artikel ini tolong berikan komentar anda di kolom komentar ini. Karna dengan komentar anda, saya dapat memperbaiki kekurangan dari artikel ini.
Peraturan :
1. Pergunakanlah bahasa yang baku
2. Jangan meng-share link yang bersifat aktif
3. Jangan mengshare situs-situs yang berbau pornografi